11 Macam Kemampuan Pikiran

Kira-kira desember tahun lalu penulis AnyPost.tk mempelajari ilmu sulap mentalisme. Yang sebenarnya sih tidak pantas disebut sulap karena mentalisme tidak menggunakan trik apapun dalam bermain. Mentalisme adalah salah satu aliran magic dimana magiciannya menggunakan 100% kekuatan pikiran yang mana otak akan memancarkan gelombang elektromagnetik ataupun otak mengalirkan ke anggota tubuh lain yang bisa berupa listrik. Sebenarnya fungsi mentalisme tidak terlalu berpusat pada hiburan karena mentalism itu sulap yang terlalu simpel dan pasti banyak yang mengira ada trik-trik khusus, atau apalah. Tapi fungsi mentalisme ini  malah lebih berguna dalam menjalani kegiatan sehari-hari, jadi beda dengan sulap aliran lain yang lebih berfokus pada hiburan panggung. Tapi jika anda menguasai mentalisme higga ahli memang pasti bakal bagus buat hiburan misalnya aksi-aksi Mentalist Deddy Corbuzier ataupun beberapa mentalism oleh David Copperfield.

Mentalism sendiri beda dengan illusion karena sulap ilusi pasti menggunakan trik visual tanpa kekuatan pikiran.
Apa yang bisa dilakukan seorang mentalist? Yang pasti mereka bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan manusia biasa. Barang kali kalo Indonesia seseorang yang bisa terbang, menembus benda padat atau menghilang itu pasti disebut sakti, memiliki kekuatan gaib, supranatural atau sebutan apalah bagi mereka. Tapi seorang mentalist mampu melakukannya dengan kemampuan pikiran yang sebenarnya sudah disediakan oleh Tuhan Yang Maha Pencipta tanpa ada hubungannya dengan semedi, jin, sajen karena mentalisme adalah kemampuan manusia yang murni sama halnya kemampuan manusia dalam berlari, berhitung dan kegiatan manusia lainnya.

Contoh hal yang bisa dilakukan seorang mentalist:
1. Sixth Sense / Extra Sensory Perception(ESP) / Indra Keenam
Banyaklah yang mengenal apa itu indra keenam, orang indonesia umumnya tahu bahwa orang berkemampuan itu adalah sifat bawaan lahir yang mana dia bisa memprediksi masa depan, melihat yang gaib, melihat aura seseorang.

Tapi sebenarnya itu salah besar. Sebenarnya, ESP adalah kemampuan seorang mentalist dalam mengetahui hal diluar kemampuan manusia biasa dengan perasaan kata hatinya. Misalnya orang mengetahui siapa yang akan ditunjuk maju oleh guru secara acak. Atau memprediksi kartu yang diambil orang lain.

2. Mind reading / Membaca pikiran.
Adalah kemampuan otak yang sensitif oleh gelombang pikiran orang lain. Setiap orang yang berpikir, gelombang akan dipancarkan oleh otak dan jika orang lain tersebut memiliki sensitivitas yang tinggi maka ia akan menangkap sinyal pikiran orang lain tersebut. Untuk mengukur frekuensi otak dalam berfikir diperlukan alat pengukur brain wave. Semakin keras orang berfikir maka gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berfrekuensi semakin tinggi dan lebih jelas dalam membaca pikiran. Konsentrasi yang tinggi dibutuhkan untuk memfilter mana yang ditangkap dan mana yang pikiran dari kita sendiri.

3. Psychokinesis / Telekinesis
Psycho = kejiwaan(tanpa fisik) Tele = Jauh Kinesis = Gerak
Adalah kemampuan mentalist yang mana mereka bisa menggerakkan benda dengan kekuatan pikiran tanpa menyentuhnya. Termasuk kemampuan terbang, dimana mentalist tersebut menggerakkan tubuhnya untuk naik ke atas juga membengkokkan sendok dengan pikiran masuk ke psychokinesis. Dalam menggunakan ini, diperlukan konsentrasi tinggi pada obyek guna mempengaruhi obyek untuk bergerak karena gaya yang muncul dipicu oleh gelombang elektromagnetik otak sendiri.

Psychokinesis juga diturunkan menjadi banyak sekali macam seperti :
Elektrokinesis adalah kemampuan seseorang dalam memproduksi listrik dan dialirkan ke anggota tubuh. Yang juga diturunkan dengan kemampuan technopathy.

Pyrokinesis adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi gerak api. Termasuk juga kemampuan membakar kertas dengan kekuatan pikiran.

Hydrokinesis adalah kemampuan menggerakkan sekumpulan obyek yang sangat banyak jumlahnya seperti air. Dan ini lebih sulit dibanding telekinesis biasa.

Geokinesis adalah kemampuan seperti telekinesis biasa tapi obyeknya adalah tanah. dimana sekumpulan tanah dapat digerakkan secara langsung.

Umbrakinesis adalah kemampuan mengubah bentuk bayangan sementara. anehnya, kita semua tahu bahwa cahaya itu merambat lurus dan saya belum pernah melihat kemampuan ini.

Aerokinesis adalah kemampuan mengendalikan arah dan kecepatan angin. Tapi aerokinesis lebih mudah dilakukan dengan mind’s eye dibanding mata biasa.

dan banyak sekali telekinesis lain seperti gravitokinesis, biokinesis dan lainnya. Sedangkan telekinesis sendiri dikembangkan dalam permainan berjalan vertikal, berjalan di atas air, dan lainnya.

4. Telepathy
Telepati adalah kemampuan berinteraksi dengan pikiran orang lain. Jika mind reading menerima gelombang otak, tapi telepati malah mengirim gelombang pikiran. Misalnya A melakukan telepati terhadap B untuk berdiri maka B akan menerima sinyal untuk berdiri dan otak B memerintah tubuh untuk berdiri. Beda dengan hypnosis dimana telepati tidak menggunakan sugesti lisan tapi menggunakan perintah dengan interaksi pikiran. Bagi saya telepati akan lebih mudah jika di atas panggung dengan memberitahu bahwa kita akan menggunakan telepati terhadapnya untuk meningkatkan konsentrasi dan sensitivitas otak pada relawan.

5. Emphaty
Adalah kemampuan mata dalam merasakan perasaan orang lain dengan cara melihat aura yang dipancarkan oleh tubuh. Entah masuk mentalisme atau tidak, tapi kebanyakan mentalist bisa empati tersebut.

6. Astral Projection / Out of Body Experience
Adalah kemampuan seseorang untuk melakukan perjalanan ke dimensi ruang dan waktu yang lain tanpa membawa tubuh fisik. Jadi seakan-akan kita berada di tempat lain dan kita melihat apa saja yang terjadi disana tanpa membawa tubuh ke sana.

7. Lucid Dream
Adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan mimpinya, Sehingga mimpi yang dialami seolah-olah memang sedang terjadi dan seperti kenyataan.

8. Dowsing
Adalah kemampuan manusia agar mampu mendeteksi air di dalam tanah. Sehingga berguna saat kesulitan air bersih. Umumnya menggunakan tongkat berbentuk huruf Y atau L yang biasanya terdapat pendulum di tengahnya. Untuk mendeteksi, diperlukan sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi getaran pendulum jika ada air di tanah tersebut.

9. Clairvoyance
Clair = clear = Jernih, Voyance = vision = penglihatan. Adalah kemampuan pikiran manusia pada kepekaan terhadap penglihatan. Dengan clairvoyance indera penglihatan akan menangkap informasi yang kita lihat kemudian disaring oleh kemampuan clairvoyance sendiri. Seorang Clairvoyant, mampu melihat dalam kegelapan, melihat tembus pandang, dan melihat dari jarak jauh. Clairvoyance juga mempengaruhi seorang mentalist dalam membaca pikiran (mind reading) dalam bentuk visual Serta jika seorang clairvoyance sudah menguasai ESP(extra sensory perception), maka orang itu akan sering melihat masa depan dalam pikiran intuisinya. Remote viewing juga termasuk dalam clair voyance.

10. Clairaudience
Audience=pendengaran. Adalah kemampuan pikiran manusia pada kepekaan terhadap pendengaran. Hal yang sepele namun jarang sekali diaminkan oleh mentalist di atas panggung. Clairaudience memungkinkkan seseorang mentalist untuk menangkap sinyal pembicaraan dalam pikirannya dalam bentuk suara.

11. Psychometry
Psikomentri adalah kemampuan manusia dalam membaca sejarah sebuah benda. Dalam waktu ke waktu, sebuah benda akan menyimpan energi. semakin tua benda tersebut, semakin besar energi yang disimpan dalam benda tersebut. Sehingga jika seorang mentalist menyentuh benda tersebut maka dalam pikirannya akan muncul tentang apa yang telah terjadi pada benda itu sebelumnya. biasanya dalam bentuk visual / penglihatan.

Mentalisme adalah aliran sulap yang sulit, karena kita harus melatih kekuatan pikiran dan konsentrasi beda dengan aliran sulap lain yang umumnya menggunakan trik , ilusi dan kecepatan tangan. Sedangkan  penulis AnyPost.tk saat ini masih melatih psychokinesis selama 2 bulan ini, setidaknya sudah mampu menggerakkan kertas. Mentalisme memang ada dan Kekuatan pikiran memang ada. Dan hal yang mustahil bisa terjadi dengan MAGIC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *